Senin, 01 April 2013

Penyebab Piyik Burung Kenari Mati Usia Dini dan Solusinya

Salam hangat jabat erat dan sukses selalu wahai sahabat,

Setelah kemarin saya publish postingan bertajuk  "Sebab-sebab Telur Kenari Tidak Menetas" maka kali ini akan saya posting penyebab mengapa piyik kenari pada mati pada usia dini dan solusinya.

Masa-masa awal setelah telur kenari menetas yaitu pada minggu pertama kelahiran merupakan masa "kritis" bagi piyik kenari. Hal ini disebabkan karena memang pada masa- masa tersebut merupakan masa rentan penuh gangguan dan cobaan. Maka pada masa ini sangat diperlukan perhatian ekstra full time 24 jam non stop dari si empunya burung kenari.Kalau perlu kita begadang nungguin sang jabang kenari he he he. 
Banyak kasus kematian piyik kenari ini tanpa disadari/diketahui oleh pemiliknya apa penyebabnya. Setelah menetas dan baru berumur 2 - 3 hari tiba-tiba ditemukan dalam keadaan mati. Ada yang mati masih dalam kondisi segar, ada juga ditemukan sudah dalam keadaan gepeng dan hitam tubuhnya, bahkan mungkin sudah mengeluarkan bau busuk. Ada juga yang hilang lenyap tak tentu rimbanya.
Penyebab matinya piyik kenari pada usia dini ini penyebabnya bermacam-macam dan kasusnya juga berbeda-beda. Nah, mudah-mudahan dengan mengetahui penyebab matinya piyik kenari pada usia dini ini bisa membantu meminimalisir angka kematian piyik kenari kita.

Adapun Faktor penyebab matinya piyik kenari pada usia dini ini antara lain :
1. Faktor Induk Betina
  • Sang induk betina enggan/tidak mau meloloh piyik kenari yang baru saja lahir.Penyebabnya ada bermacam-macam kemungkinan.Memang begitu menetas sang piyik tidak langsung minta diloloh induknya.Dia masih mempunyai kantong nutrisi bekal dari telur yang nanti akan mulai habis setelah memasuki hari kedua.Nah, pada hari kedua sang piyik baru merasa lapar dan minta segera diloloh induknya. Jika pada saat itu sang induk enggan meloloh anaknya, maka alamat tidak baik bagi kelangsungan hidup sang piyik kenari tersebut.Beberapa jam sesudahnya memang piyik tidak langsung mati, tetapi ia akan mengalami dehidrasi dan kelaparan yang nantinya berujung pada kematian.
  • Sang induk betina mewarisi perilaku abnormal(paranoid?), misalnya piyikan mati di bunuh induknya sendiri karena sebab-sebab tertentu. Mengenai hal ini akan saya posting "Penyebab Induk Kenari Betina Membunuh Anaknya"
  • Sang induk betina hiper protektif, artinya terlalu over dalam melindungi piyik kenari sehingga dia tidak mau turun/keluar dari sarang sekedar mengambil makanan untuk anak-anaknya. Akibatnya piyikan kenari terlambat memperoleh asupan makanan dari induknya sehingga berujung pada kematian.
  • Sang induk ceroboh sehingga ada piyikan kenari yang tanpa sengaja terinjak-injak oleh induk betina. Hal ini terutama terjadi pada saat malam hari (suasana gelap).Baru keesokan harinya kita temukan piyikan kenari dalam keadaan mati. 
 2. Faktor Piyikan Kenari
  • Terjadi aksi saling menginjak antar sesama piyik kenari dalam sarang.Hal ini biasa terjadi pada saat berebut minta lolohan dari induknya. Yang menjadi korban kebanyakan adalah piyik kenari bungsu atau yang menetas paling akhir yang tentu saja badannya paling kecil/lemah.
  • Terjadi aksi saling berebut minta jatah lolohan dari induknya.Lagi-lagi yang menjadi korban adalah piyik kenari bungsu karena paling kecil dia selalu kalah dalam mendapatkan jatah lolohan. Tetapi jika si induk betina bisa bertindak adil maka piyik bungsu akan tetap mendapatkan jatah lolohan sehingga terhindar dari kalah saingan.
  • Piyik kenari lahir abnormal,prematur atau cacat yang menyebabkan kematian. 

3. Faktor Sarang
  • Lingkar sarang terlalu sempit karena jumlah piyikan cukup banyak ( 4 ekor misalnya) sehingga kurang muat dan piyikan saling berdesak-desakan.Akibatnya piyikan kenari bungsulah yang nantinya menjadi korban.
  • Bahan sarang kurang ideal dan kurang memberikan kehangatan/kenyamanan sehingga piyikan merasa kedinginan/kurang hangat yang berakibat pada kematian.
  • Bahan sarang kurang tertata rapi sehingga ada salah satu piyikan kenari yang tidak sengaja terjerat kaki, kepala atau lehernya. Jika tidak segera diketahui dan tertangani tentu akan berakibat fatal/kematian.
  • Sarang kotor tidak dibersihkan dengan benar sehingga menjadi sarang kuman dan penyakit yang akhirnya piyikan kenari menjadi sasaran terserang penyakit tertentu yang berujung pada kematian.

4. Faktor Lingkungan Sekitar
  • Terjadi perubahan suhu/cuaca ekstrem dan secara tiba-tiba. Peristiwa ini akan menyebabkan pengaruh buruk bagi kelangsungan hidup piyikan kenari terutama pada masa-masa kritis.
  • Keadaan daerah sekitar sarang yang kurang aman. Adanya kedatangan satwa tamu tak diundang seperti ular, kadal, tokek, cicak, semut, dsb dapat mengakibatkan matinya piyik kenari karena diserang/dimangsa hewan-hewan tersebut.
 5. Faktor Pemilik Burung Kenari 
  • Pemilik burung kenari lupa atau terlambat memberikan makanan asupan untuk dilolohkan ke piyikan kenari. Pada masa lolohan piyik kenari, induk betina biasanya diberikan makanan tambahan seperti daun sawi putih/hijau dan telur rebus.Nah, jika pemilik burung kenari lupa tidak memberikan makanan tambahan tersebut maka si induk betina akan kesulitan dalam meloloh anak-anaknya karena saat itu piyikan kenari belum saatnya diloloh biji-bijian. Jika hal ini tidak segera diwaspadai maka bukan hal mustahil piyikan kenari akan segera tewas mengenaskan.
  • Pemilik burung kenari salah dalam memberikan jenis makanan tambahan. Ini terjadi pada para peternak pemula yang masih awam dan belum tahu benar jenis makanan tambahan bagi induk betina yang sedang meloloh anaknya.Misalnya di beri buah atau sayuran yang tidak pada umumnya diberikan. Tentu saja makanan tersebut tidak akan dimakan si induk betina dan tidak dilolohkan ke piyik kenari.


SOLUSI :

  1. Lakukan pengawasan dan perawatan intensif  full time 24 jam  (minimal 12 jam) pada saat masa kritis (1 minggu sejak kelahiran piyik kenari).
  2. Berikan asupan makanan tambahan yang sesuai dan tepat waktu jangan sampai terlambat.
  3. Setiap 3 jam sekali lakukan pemeriksaan kondisi piyik kenari dari hal-hal yang tidak kita inginkan.
  4. Pemeriksaan keamanan,kenyamanan dan perlindungan kandang dari perubahan cuaca ekstrem
  5. Lakukan pengamanan daerah sekitar terhadap kemungkinan hewan liar/predator.
  6. Menjaga kebersihan sarang dan kandang kenari.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Salam Kicau Mania,
Majulah Peternakan Burung Indonesia!

62 komentar:

  1. klo vitamin untuk anak/piyik apa ya?
    ada yang bilang vitamin dlm bentuk serbuk tu lbh baik dr pd yg cair, bnr g?

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sambutan hangat Mas Alkaf,
    Dari pengalaman saya selama ini, saya tidak pernah menggunakan vitamin/mineral atau obat apapun namanya untuk piyikan kenari saya. Bukan karena Vitamin tidak baik buat piyikan kenari, tetapi karena saya menggunakan vitamin dari bahan oplosan saya sendiri yang saya lolohkan sendiri. Bahannya : voer 511,sedikit vitachick (apabila dirasa perlu), bubur sun kacang hijau/beras merah, roti mari,kuning telur puyuh rebus. Semua bahan dihancurkan lalu diberi air hangat sampai hancur macam bubur cair lalu dilolohkan ke piyik kenari menggunakan lidi,spet atau alat yg lain.
    Salam kicau mania

    BalasHapus
    Balasan
    1. om..anakan kenari itu harus di loloh ya ,,sama pemilik nya,,,,,,,,,

      Hapus
    2. ikut nimbrung om n sekalian tnya...! KN sy nelor 4, sdh 10 hr ngeram,kira2 brp lingkar ideal bt sarang ya om? biar nanti klo ada piyiknya, mksh....

      Hapus
    3. kenari saya udah 3 kali ini punya piyikan mati terus apakah karena indukannya jelek atau kartena yang lain mas???????????

      Hapus
  3. Om voer 511 itu jenis voer buat apa, harganya brp? hasilnya apakah anakan jd tumbuh bongsor2 ya om...., makasih

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
    Eh, sebenarnya itu voer buat ayam ....hehehe. Benar biar cepet bongsor
    Salam kicau mania

    BalasHapus
  5. Makasih nih atas jawaban dr semua pertanyaan :) (moga2 g kapok klo banyak ditanyain he...)
    nanya lagi ni mas, piyik punya ku (4 ekor)dah masuk usia 2 mingguan. klo diperhatikan sarang nya tuh kotor bgt (pinggir2 batok sm dinding tempat batok nya nempel)banyak kotoran dr piyik tsb. Baik ny digimanain tuh? dibersihin ato dibiarin aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
      kalau kotornya masih sedikit (masih batas normal) saya biarkan. Tetapi kalau sudah sangat kotor dan menumpuk saya biasanya membersihkannya dengan cara mengangkat seluruh sarang tanpa wadahnya lalu menggantinya dengan bahan sarang yg baru. Penggantian sarang menunggu pas induk betinanya turun dari sarang cari makan.
      Salam kicau mania

      Hapus
    2. g apa2 ya sipiyik ny tersentuh tangan?
      nanya lg :) ...
      klo untuk pemakaian lampu bohlam tu smp piyik usia brp mas?
      btw makasih ya jawabanny

      Hapus
  6. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
    Gak pa pa asal hati-hati saja.
    lampu bohlam dipakai hanya pada musim penghujan saja karena hawa disekitar kandang sangat dingin biasanya sampai piyik pepek bulunya atau sdh berani turun dari sarang. Kalau pas musim kemarau dan udara gerah ya tidak perlu pake lampu bohlam. Cukup penerangan ruangan saja.
    Salam kicau mania!

    BalasHapus
  7. Apakah anakan kenari bisa diloloh sendiri spt ternak burung kicauan lainnya? Pakan apa yg cocok buat ngloloh

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas sambutan hangatnya Aufaa Luthfi,
    Saya hanya membantu meloloh piyik kenari yg indukannya malas meloloh saja. Yang indukannya tidak bermasalah dlm meloloh ya saya biarkan namun masih dalam pengawasan rutin.
    Bahan/pakan untuk meloloh :sedikit voer 511,bubur sun,roti mari,kuning telur rebus+air hangat lalu dicampur jadi bubur encer, dilolohkan menggunakan lidi,spet atau lainnya.
    Salam kicau mania!

    BalasHapus
  9. nanya lagi nih,
    anak KN dah usia tiga mingguan. dah mulai mtokin biji, sayur, telor. induk ny dh boleh dcabut bwt dikawin kan lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
      memang usia piyik 21 hari sdh bisa makan sendiri,soal mau disapih itu terserah pemiliknya tetapi saya biasa menerapkan piyik umur 1 bulan lebih baru saya sapih soalnya kalau terlalu dini nyapihnya khawatir piyik belum total makan bijian dan masih mbok-mboken.Lagian sambil nunggu indukannya birahi lagi.
      Salam Kicau mania!

      Hapus
    2. Salam kicau mania.
      Ane punya piyik kenqri baru usia 3 hari.
      Apakah indukan jantan'a harus d pisah.??

      Hapus
  10. mas mau nanya, piyik kenari sy mati pas murnya 2 hari dan besoknya yg satunya lg mati dlm keadaan gepeng..
    itu kira2 penyebabnya apa ya ?
    ketindih induknya bukan?
    solusinya bgmna biar ga terjadi sprti itu lg?
    mkasih

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
    1)kurang mendapat asupan lolohan dr induknya
    2)lingkar susuh sempit/sesak.
    3)kurang pengawasan kita.
    Solusi :
    1)kita ikut membantu meloloh piyikan
    2)lingkar susuh kita lebarin dikit biar agak longgar
    3)lakukan pengawasan rutin/kontinyu
    Salam Kicau Mania!

    BalasHapus
  12. om..anakan kenari saya hanya sampai dewasa 1 padahal semua kebutuhan sudah terpenuhi...awal 3 sekarang tinggal 1..itu pun kakinya keseleo kayaknya (memar) mohon kasih pencerahan untuk bahan sarang yang baik menggunakan apa

    BalasHapus
  13. udah 1minggu burung kenari saya tidak bertelor bertelor dan sarang selalu di acak acak.
    apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Newbie coba jawab :)
      Mungkin kurang nyaman sama bahan sarang nya. coba ganti sm bahan yg lainnya.

      Hapus
    2. Jangan sampai denger suara jantan gacor, pasti yang betina minta kawin lg dan diacak2 si sarang dan telor

      Hapus
  14. Bos mau tanya ne klo ank kenari tersentuh tangan kita apa gak masalah, dalam hal ini masksut saya indukan'y, tadi saya cek sarang eh ternyata kenari saya udh netas 1 dari 5 telur yg dierami. saya takut berpengaruh sama induk'y jadi stres atau malah jadi gk mau ngelanjutin mengeram dan merawat anak'y?soalnya saya juga baru belajar menangkar kenari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sambutan hangatnya,
      kebanyakan indukan milik saya kalau pada saat telur menetas saya lihat-lihat piyiknya,saya pegang-pegang (diloloh) nggak pengaruh sama indukannya asal megangnya dengan penuh kelembutan/kesabaran.Nunggu aja gimana reaksi induknya.Kalau induknya hiperprotektif yach kita hindari lihat2 atau megang2 telur/piyiknya.

      Hapus
  15. mas mau tanya nih ,selama ini yang menjadi kendala di samping masalah produksi yaitu pemasaran ,mungkin mas punya kiatnya mengenai pemasaran hasil ternak kita.terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
      pemasaran selama ini alhamdulillah lancar-lancar saja. Kebanyakan hasil peternakan saya sdh habis dibeli orang di kandang/rumah. Jarang saya jual ke pedagang burung kecuali kalau pas saat tertentu.
      Keuntungan jual di kandang sendiri sama pembeli perseorangan:1.harga jual bisa kita samakan dg harga jual pedagang,2.kita sdh ikut menjaga harga pasaran kenari.
      Kiat pemasaran : rajin promosi,kabar-kabari,kasih bonus pembeli,dsb.

      Hapus
  16. ass. wr.wb.
    artikel mas sangat membantu,sy punya indukan yg udah nelor 5 tapi ilang 1 entah kemana tak ada bekas pecahan kulit telor ataupun kuning telurnya, tpi pertanyaan sy bukan itu, nanti pas telornya udah netas si indukan harus disiapin mknan apa aja, terus klo di kasih voer dgn campuran lainnya nanti dimkan ga ya sm induknya,,
    makasih sebelumnya, maaf ganggu :)

    BalasHapus
  17. ass..wr..wb
    mas Fayunda......posting dong harga kenari usia 1 bln dan usia dewasa....biar eksis dan seragam jualnya mas demi menghargai pencinta dan pelestari kenari...hehe...makasih mas.

    BalasHapus
  18. mas mo tanya klo telur ga netas faktor apa aja ya pengaruhnya? soalnya sebelumnya ga ada masalah,klo diliat pake penerangan bantuan cahaya lampu kliatan klo isi telur kosong....atau ada seperti bintik hitam tp telur ga netas...

    BalasHapus
  19. Salam kenal Om sy barusaja mulai mencoba ternak kenari. Betina sdh nelur 4 hingga hari ke 5 hidup semua. Ada 2 yg sy mau tanyakan dan MOHON SARAN tentunya, adalh;
    1). Mengapa ada piyik yg kulitnya berwarna gelap/kehitaman? Apakah normal atau bgm?
    2). Selama mengeram hgga sekarang, jantan sll ada bersama induk dlm satu sangkar. Apakah tidak bahaya bila betina n jantan lama tidak dijemur krn da piyikan?
    Mohon saran ya Om, terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai penglaman broow..
      1.warna kulit piyik biasanya menyesuaikan warna indukan,gen piyik berbeda normal2 saja selama piyik sehat.
      2.jantan membantu pengeraman tidak mengganggu pengeraman,cukup bersihkan kandang saja setiap hari, selama piyikan 15 hari indukan di jemur tidak terlalu lama. BGR (DC)

      Hapus
  20. Om numpang naya gimana cara meloloh anakan burung kenari yang masih sama induk nya krna anakan kenari saya ada 3 ekor n yang satu g sama besar nya tp waktu saya mau meloloh g mau buka mulut tp klw sama induk nya mau buka mulut..trms sblmya

    BalasHapus
  21. om yg bagus lolohan piyik per berapa jam.. thax om

    BalasHapus
  22. Salam sejahtera om ....sedikit ingin share ttng burung kenari? Sy baru mulai mencoba berternak: yg ♏ªΰ sy tanya kan kalu misal ny anakkan kenari kita bantu meloloh trs anakkan ny kita ambil apa indukkan ny tidak marah atau tidak ♏ªΰ meloloh ƪäǥȉ karna bau tangan kita?
    Trs yg saat ini terjadi indukkan sepertiny gelisah mondar mandir di kandang tidak terlihat meloloh anak ny apa karna sering sy ambil ia untuk bantu loloh atau karna birahi?mohon info ny om dan solusi terbaik nya trm ksh sebelum nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bantu solusi berdasarkan pengalaman saja..biasanya over birahi jangan terlalu sering pemberian telur,selama indukan masih mau melolohkan di usahakan jangan di bantu untuk melolohkan,untuk membantu meloloh anakan jangan terlalu sering hanya cukup pagi dan sore saja,untuk bantu melolohkan harus di sesuaikan makanan yang di makan oleh indukan.bau makanan bantu loloh akan mempengaruhi indukan.semoga bermanfaat BGR (DC)

      Hapus
  23. Pemula neh om,,, klw kandang ternak kenari sebaiknya didalam ruangan ,,nah klw blm punya didlm ruangan,,tp ingin beternak,terus tempatnya tertutup atap tp posisi diluar ruangan itu baguss ga buat ternak,soale ada yg bilang ga boleh kena angin malam,, bener ga tuch om!!

    BalasHapus
  24. Mohon pencerahannya om,, soalnya didaerah sy cuacanya dingin apalagi musim hujan,, tp sy siasati dgn bohlam dikandangnya..terimakasih sblmnya

    BalasHapus
  25. om kenari betina sy udah bertelur 1 didlm sarang tp jarang di erami malahan betinanya mo bikin sarang lg ditempat wadah makan biji2an sampe2 jerami krng goni yg disarang pertama dicabut/digigit dipindahin/dimasukin ke dlm wadah biji2an..faktor apa om ko bs sampe bgitu,...mohon saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat berdasarkan dari pengalaman,Awal pembuatan sarang di usahakan yg leluasa di buat dengan serabut yg baru dan halus lalu di bawahnya di alasi sobekan kertas dan di tengah serabut di berikan kapas secukupnya agar hangat lalu berikan kapas di luar sarang agar tidak mecabuti bulu halus pejantan,bentuk sarang berpengaruh pada kenari betina agar dibentuk rapih,setelah sarang terbuat pejantan dan betina akan merapihkannya kembali.di jamin pejantan dan betina tidak akan menarik serabut dan membuat sarang lagi ke tempat lain.selamet mencoba...BGR (DC)

      Hapus
  26. mas. mau tanya kenari saya telur nya 3 .2 udah netas yg 1 belum menetas dari tgl 15/12/13 sampai sekarang belum menetas. kira2 yg satu lagi bisa netas ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar telor tidak bisa menetas,telor akan dingin lebih baik telor di ambil saja agar tidak menganggu pertumbuhan telor yg sudah menetas.,ckup melihat dari pengalaman

      Hapus
  27. salam kicau saya pemula mas kenari saya bertelur 4,sudah netas 1 yang 1 sudah pecah tetapi piyekan sepertinya gepeng dan yang 1 belum menetas dan 1 lagi telurnya hilang mohon solusi untuk telur yang piyekannya gagal tadi dan telur yang belum menetas sebaiknya diambil tidak trims

    BalasHapus
  28. salam kicau mania.. aku udah 1 tahun ternak kenari mas.. dan baru kali ini induknya ngak mau ngeloloh. padahal baru 3 hari menetas,, gara2 tak kasih bohlam kan cuaca disini dingin banget., mohon solusinya dong.. agar piyik gk mati, soalnya induk ngk mau mengerami dan gk mau ngeloloh... mohon solusinya ya.... tris...

    BalasHapus
  29. Mas mohon arahan....anakan kenari sy baru netas 5 hr lalu...tapi sarang dalam batok sudah kotor...cara mengganti sarang gimana dan apa tidak acak-acak sama induk betina? trims

    BalasHapus
  30. Om..mengenai mengganti sarang yang kotor sedangkan anak masih piyik. Teknis mengganti sarang lama dengan yang baru gimana? saya tunggu jawabannya. makasih..

    BalasHapus
  31. Selamat malam menjelang pagi OM FAYUNDA CBF... Mohon arahannya nih.. anakan kenari saya usia 12 hari dan sekarang indukan betinanya tidak mau meloloh, kondisi indukan betina seperti sakit (lemas,diam). mungkin gara2 cuaca ekstrim sabtu kemarin! Mohon arahannya OM FAYUNDA CBF,
    Terima Kasih, Salam Hangat, Sukses selalu....

    BalasHapus
  32. KEPADA SELURUH PECINTA KENARI..................mohon share pengalaman dongggggg
    Apakah betul kalo sarang kotor saat anakan masih diloloh boleh/disarankan diganti dengan sarang yang baru??? Trims utk yang mau share...

    BalasHapus
  33. Salam kicau nusantara....... selamat pagi OM FAYUNDA, saya mau coba bantu cara penggantian sarang kotor berdasar pengalaman pribadi, semoga bermanfaat a. turunkan kandang ternak di tempat terang, b. amati seluruh keadaan dalam kandang, c.pastikan penghuni kandang sdh merasa nyaman, d.ganti alas kandang dengan yang baru & bersih, e.pindahkan piyek satu persatu ke alas kandang yang baru tadi, f. angkat sarang yang kotor & keluarkan, ganti dengan sarang baru, g.kembalikan piyek ke sarang yang baru, h.selesai sdh pekerjan, pemindahan sarang, Semua pekerjaan kita lakukan dengan penuh kasih sayang niscaya indukan mau mengerti (tidak marah) tujuan dari pekerjaan kita....... Jangan takut mencoba, Kita bisa.

    BalasHapus
  34. Salam kenal untuk para master,saya mau menayakan,kenapa telur kenari pertama saya dimakan oleh si jantan?dan apa yang harus saya lakukan,apakah bisa mempengaruhi klo si jantan di pisah?

    BalasHapus
  35. thanks om, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  36. saya mau coba di rumah
    kalo berhasil ntar kasi jempol buat agan
    mudah mudahan burungnya selalu hidup
    kunjungan balik gan, di tunggu
    burung lokal

    BalasHapus
  37. om saya mau tanya kalo merawat ank umur dua minggu g mn om. soalnya idukan engga meloloh anaknya lg karna d pinda sangkar gara2 sangkar yg lama banyak semutnya

    tolong sosulinya. .

    BalasHapus
  38. om saya mau tanya kalo merawat ank umur dua minggu g mn om. soalnya idukan engga meloloh anaknya lg karna d pinda sangkar gara2 sangkar yg lama banyak semutnya

    tolong sosulinya. .

    BalasHapus
  39. om saya mau tanya kalo merawat ank umur dua minggu g mn om. soalnya idukan engga meloloh anaknya lg karna d pinda sangkar gara2 sangkar yg lama banyak semutnya

    tolong sosulinya. .

    BalasHapus
  40. Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  41. ijin promo yahhh
    EDENPOKER adalah situs judi game online terbaik dengan ranting kemenangan terbesar yang pernah ada di indonesia.
    Kartu bagus,mudah menang dan banyak bonus.
    Pendaftaran dapat dibantu ! Proses Depo Wd cepat dan aman,
    Dapat dimainkan di HP / Smartphone kesayangan anda loh...

    BalasHapus
  42. VAZBET - Situs Slot Mesin Online

    Welcome Bonus 100%
    Syarat Mudah dan Tidak Ribet !
    - Maks. Bonus 1,000,000
    - Min. Depo Rp 100,000 untuk Claim Bonus 100%
    - Bonus Rollingan Setiap Minggu 0.8%
    - Bonus Deposit 3% - 10%

    Daftar yuk! ♥
    WA: +855 87879520
    WWW,VAZBETGAME,COM

    BalasHapus
  43. Join yuk di EDEN POKER.
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569

    BalasHapus
  44. Klo piyik lemes knp ya ?diloloh g mau buka paruhnya

    BalasHapus
  45. kenari saya beetelur udh 5x lebih.. sllu menetas.. tpi umur 2 mingguan ssllu mati.. udh berkali kali mati terus.. knp ya..

    BalasHapus
  46. baru 1 hari mati semua,,, apa karna lolohnya pake telur ayam negri, apa telur ayam negri penyebabnya,,, takutnya terlalu panas kalo telur aym negri

    BalasHapus
  47. Maaf om kl untuk indukan yg terlalu protektif gimana ya solusinya

    BalasHapus