Selasa, 02 April 2013

Tanda-tanda Burung Kenari Siap Kawin

Salam hangat jabat erat dan sukses selalu wahai sahabat,

Agar tujuan beternak burung kenari bisa segera terwujud dan  sukses mengembangbiakkannya maka selain mengenali "Tanda-tanda burung kenari jodoh" maka sebelumnya kita perlu mengetahui tanda-tanda burung kenari siap kawin. Hal ini disebabkan karena setelah kita terlebih dahulu tahu bahwa kenari kita sudah memasuki umur dewasa/siap produksi maka barulah kedua kenari bisa diujicobakan untuk dijodohkan.

Yang sering terjadi, burung kenari jantan dan betina kita sudah cukup umur dan sudah kita satukan di dalam satu sangkar/kandang kelihatannya jodoh tetapi sekian lama tidak kawin-kawin juga. Jadinya kita masih nunggu dan nunggu terus, sambil bertanya dalam hati : kapan sih kawinnya, kok lama juga ya?
Barangkali beberapa waktu kemudian kita masih memiliki cukup kesabaran, tetapi seiring berjalannya waktu,situasi dan komunikasi mungkin kesabaran kita akan semakin menipis.
Nah, agar hal tersebut tidak terjadi maka ada baiknya terlebih dahulu kita mengenali tanda-tanda burung kenari sudah memasuki masa birahi atau siap bereproduksi/kawin. Setelah diketahui bahwa burung kenari kita sudah ada tanda-tanda siap kawin barulah kedua kenari dijodohkan.  

Tanda-tanda Kenari Jantan Siap Kawin
  • Rajin berkicau, ngeroll dan semakin keras bunyinya.
  • Sambil berkicau bergerak-gerak ke kiri dan kanan seolah-olah ingin keluar dari sangkar (ngosek).
  • Apabila melihat kenari betina kelihatan resah dan ingin mendekat sambil berkicau terus.
  • Jika dilihat duburnya : ada tonjolan agak panjang yang disebut dengan pen (semakin panjang/tegak pen maka semakin birahi/siap ngawin).

Tanda-tanda Kenari Betina Siap Kawin
  • Kadang berkicau lirih (ngriwik) dengan suara lembut tetapi tanpa ngeroll.
  • Jika mendengar suara atau melihat pejantan kelihatan resah, bergerak ke kiri atau kanan seolah ingin keluar dari sangkar/kandang.
  • Kadang mengepak-ngepakkan sayapnya seolah-olah akan terbang tetapi tidak jadi.
  • Sering membawa serat atau daun cemara ke dalam sarang dan membuat sarang bertelur menjadi bundar (ngluweng).
  • Jika dilihat perutnya nampak agak membuncit (mbotol) seperti ada "sesuatu."
  • Jika dicermati bagian bawah perut yang mbotol tersebut berwarna kekuningan.

Demikian yang dapat saya sampaikan wahai sahabat.



Salam Kicau Mania!

Majulah Penangkaran Burung Kenari Indonesia!

11 komentar:

  1. mas, kalo sibetina nya galak solusi nya gimana ya?
    mohon dibantu, lg blajar nernakin :)
    [ox]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas sambutan hangat Mas Alkaf,
      Mengenai betina yang galak ada beberapa kemungkinan penyebab galaknya Mas, pertama galak pembawaan dan ada juga galak sementara karena situasional.
      a. Galak pembawaan artinya sudah sifat bawaan sejak lahir si betina sudah galak sama pejantan mana saja. Saya bukan bermaksud menggurui, namun berdasarkan pengalaman saya pernah punya betina galak saya cari solusinya ternyata saya coba kasih pejantan yang juga galak(beringas/birahi tingkat tinggi)ternyata betinanya kalah dan nurut sama pejantan dan lama-lama mau kawin.
      b. Galak sementara/situasional, artinya karena ada sesuatu sebab si betina jadi galak, namun setelah penyebab tersebut hilang maka si betina kembali nurut/kalem. Penyebab betina galak macam-macam, antara lain karena kurang nutrisi akhirnya matokin siapa saja.Selain itu karena memasuki masa birahi dan masa akan bertelur/mengeram akan berubah jadi galak, sampai-sampai tangan saya pun pernah dipatokin.
      Solusi : coba lebih diperhatikan si betina galak tersebut mudah-mudahan mas Alkaf akan menemukan ide jalan/cara menjinakkannya.
      Salam kicau mania

      Hapus
    2. SUPER BAGUS - Info penting yang memberikan wawasan dan inspirasi anda, Baca juga >>

      Daftar Lengkap Harga Burung Kenari Terbaru 2014
      http://super-bagus.blogspot.com/2014/06/daftar-lengkap-harga-burung-kenari-terbaru.html

      Tips Sukses Berternak Burung Kenari
      http://super-bagus.blogspot.com/2014/06/tips-sukses-berternak-burung-kenari.html

      Cara Mudah Budidaya Burung Lovebird Yang Sukses
      http://super-bagus.blogspot.com/2014/06/cara-mudah-budidaya-burung-lovebird.html

      Rahasia Sukses Burung Kicau Jadi Jawara
      http://super-bagus.blogspot.com/2014/06/rahasia-sukses-burung-kicau-jadi-jawara.html

      Cara Memilih Dan Merawat Cucak Hijau Yang Benar
      http://super-bagus.blogspot.com/2014/06/cara-memilih-dan-merawat-cucak-hijau-yang-benar.html

      Hapus
  2. Mas kasih solusi utk dere kenari yg kegemukan, tks...

    BalasHapus
  3. Terimakasih sambutan hangatnya,
    kurangi bijian perbanyak sayur/buah plus mandi dan penjemuran.Kandang agak besar agar kenari banyak gerak

    BalasHapus
  4. mas mau tanya, kalau anakan/bahan kenari umur 2-3 bulan sudah belajar bunyi walo blom ngeroll
    seperti terputus-putus: nguik nguik wrritttt wikicew wruitt riiittt wik wik ciew .... apakah sudah pasti jantan?
    soalnya ada teman bilang kalo betina itu belajar/ bunyi memasuki masa kawin sekitar umur 7-9 bulan, jadi umur 3 bulanan betina dipastikan tidak bunyi apa-apa.....apa benar begitu mas? terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Om mau tanya, kalau ke duanya udah birahi tapi belum kawin terus udah di pancing sama kenari jantan gacor tetep gg mao kawin juga, udah di jodohkan, udah saling meloloh makanan, tetep gg mao kawin, mohon bantuannya om, thnx...

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya nih kalo kenari jantan setiap di kasih pakan atau sayuran si kenari jantan selalu mengembangkan bulu dan sayap Ny seolah-olah ky yg mrh karena memasuki kawasan,dan sebaliknya waktu pakan Ny di ambil untuk di ganti yg baru si kenari mlg biasa2 aja.kira2 penyebab Ny apa sampe kenari sprt itu?apa over birahi atau gmn? Mohon pencerahan Ny.terimakasih

    BalasHapus
  7. Mas kenari saya yang jantan sudah birahi tapi yang betina belum ada tanda, gimana solusinya mas

    BalasHapus
  8. Kalau kenari putih itu apakah susah om kawinnya..Kata bebrapa teman katanya begitu..

    BalasHapus