Selasa, 02 April 2013

Tanda-tanda Burung Kenari Jodoh

Salam hangat jabat erat dan sukses selalu wahai sahabat,

Burung kenari berjodoh merupakan awal dari kesuksesan suatu penangkaran burung kenari. Jika burung kenari kita tidak kunjung jodoh maka mungkin kita akan menjadi pusing memikirkannya karena kesabaran kita sudah mulai habis. Bisa saja kita mengganti pasangan kenari dengan betina/pejantan yang lain, tetapi apabila lama tidak segera jodoh juga tentu akan membuat "kemrungsung" dan mungkin juga putus asa. Bisa jadi karena kekurangtelitian kita, kurang pengetahuan/pengalaman, burung kenari yang sebenarnya sudah jodoh  kita anggap belum berjodoh sehingga langkah berikutnya pun akan kurang tepat guna.
Burung kenari betina yang sudah siap kawin pun belum tentu jodoh dengan pasangan kenari jantan. Mereka mungkin hanya kejar-kejaran, saling mematuk atau berkelahi (parah juga).
Maka, sebagai langkah awal ada baiknya kita kenali tanda-tanda kenari jodoh agar penantian kita ada suatu harapan dan kepastian.

Tanda-tanda burung kenari sudah memasuki tahap berjodoh antara lain :

Stadium 1 (awal)
  • Antara kenari pejantan dan betina siap sangkarnya terpisah, lalu didekatkan.Jika kedua burung kenari saling mendekat lalu memadukan kedua paruh mereka maka itu pertanda ada gejala berjodoh.
  • Malam hari kedua burung kenari tidur berdekatan walau sangkarnya terpisah.
  • Kenari pejantan berkicau keras sambil bergerak ke kiri dan ke kanan (Ngosek) berusaha mendekati betina, sedang betina bersuara cit...cit...cit   sambil mengepakkan sayap beberapa kali dan merendahkan badannya. 
  • Proses ini memakan waktu tidak tentu, artinya bisa berlangsung cepat bisa juga lama tergantung kondisi kedua burung. 

Stadium  2 (medium)
  • Burung kenari pejantan dan betina disatukan dalam satu sangkar/kandang. Saat pejantan mendekati sang betina sambil berkicau keras maka si betina tidak menghindar, ketakutan atau malah bersikap menantang/memusuhi. Mereka malah berdekatan dan saling memadu paruh.
  • Ketika malam  pasangan kenari tidur berdampingan atau saling merapatkan diri.
 Stadium 3 (Final)
  • Sang betina mengais atau menggondol serat nanas atau daun cemara yang sudah kita persiapkan dan mulai membuat sarang.
  • Ketika pejantan berkicau keras sambil mendekat, maka sang betina merendahkan badan dan mengangkat ekornya (sinyal siap kawin).
  • Saat pejantan berusaha naik ke atas badan sang betina, ia tidak menghindar tetapi merendahkan badan dan mengangkat ekornya sambil berbunyi  ccciiiirrrrrrrr....!
  • Pejantan nangkring di atas badan betina dan terjadilah perkawinan kenari secara singkat.

Semoga share kali ini bisa sedikit menambah pengalaman kita semua.Yang mau nambah info silakan koment.




Salam Kicau Mania,

Majulah Penangkaran Burung Indonesia!

18 komentar:

  1. nanya lagi nih :)
    1. klo kenari lg rontok bulunya msh bs dikawinkan?
    2. tips nya dong biar bulu KN cepat normal/ pulih kembali dong...

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sambutan hangatnya,
    1) Biasanya dikawinkan setelah masa mabung(rontok bulu) selesai/tuntas.
    2) Biasanya KN disendirikan,dikerodong dan full makanan bernutrisi agar cepat tuntas masa mabungnya.
    Salam Kicau Mania!

    BalasHapus
  3. menanti stadium awalnya yang suka habis kesabaran... :( thank's mas infonya bermanfaat banget buat saya yang pemula... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sambutan hangatnya,
      jika nggak sabar, silakan beli indukan yg sdh produksi saja.Agak mahal tetapi cepat merasakan hasilnya. Logikanya begini : Mase punya bakalan umur 3 bln sebanyak 5 ekor dan menanti 5 bulan untuk produksi. Atau lebih memilih indukan produk cuma 2 ekor tetapi tdk sampai sebulan sdh produksi masing-masing 3 ekor piyikan.Gimana?

      Hapus
  4. terima kasih mas fayunda... pas anda kasih saran... hari itu juga saya langsung hunting indukan yang sudah produksi...dan ga lama hanya satu hari saya lewati stadium awal... alhasil malam ini 2 telur dari 4 butir sudah menetas... tinggal 2 lagi... semoga lancar...terima kasih-sekali lagi mas atas sarannya terdahulu... jadi pengen nambah lagi jumlah kenarinya....

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. om numpang tanya.. saya pemula buat jadi peternak nih
    saya udah jodohkan kenari saya pas jam 3 sore seblum nya udah di deketin trus waktu d jemur nah pas d satuin si jantan itu ngeloloh betinanya, tapi pas si jantan minta kawin si betina nya bunyi cuit2 trus kabur2 truss ,, saya takutnya kenari betina saya terluka.. mohon sarannya om

    BalasHapus
  7. kalo kenari betina nya sudah umur 2 tahun, apakah masih bisa dikawinkan? bagaimana hasilnya? kenari betina itu juga tidak mau makan telur puyuh kenapa ya?
    tks

    BalasHapus
  8. Mau tanya gan apa sih yg dimaksud kenari lokal ? Apa perbedaanya ? Terus bisa gk dikawinkan sma yg bukan lokal ?

    BalasHapus
  9. mas mbak mau tanya kenari saya uda saya satukan selama 2 minggu uda pernah kepantau suap suap an uda kepantau kawin udah kepantau tidur sama sama . eh tp tadi kok yang jantan ngerol keras sambil ngejar ngejar betina nya . kayak ngajak kawin tp betina nya nolak . itu maksud nya apa ya ?? apa ngak jodoh ??

    BalasHapus
  10. Mihon ijin bertanya , kenari saya begitu beli langsung saya satukan di kurungan besar tanpa tahap menempelkan sangkar , namun betina terus memberikan kode seperri menurunkan sayap , msngepakan sayap , nungging dan sebagainya , dan si jantan juga mengepakan sayap dan melihat si betty terus , dan sesekali mengejar , namun belum kepantau suap suapan , apakah kemungkinan mereka berjodoh ?

    BalasHapus
  11. Assalamu alaikum,pa saya mau minta solusinya.saya punya kenari jantan sama betina.awalnya udah 2 hari saya dekatkan kenari tersebut dengan sangkar yg berbeda.kenari s jantan gacor terus.pas malam nya saya satukan.jadi malah berantem.apa burung tersebut belum siap kawin atau gimana? Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Kenari betina saya sudah jodoh dengan kenari lain, lalu saya kawinkan dengan jantan lain kok sulit ya? Jodoh lamanya masih manggil", dan betina merespon

    BalasHapus
  13. Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  14. Join yuk di EDEN POKER.
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +855 7863 3569

    BalasHapus